Senin, 20 Agustus 2018

[TEKS PROSEDUR] TIPS TIDUR YANG BERKUALITAS oleh M. Safiq Mubaroq, dkk.

Sumber Gambar: artikelkesehatan99.com


Tidur merupakan kebutuhan setiap orang yang harus dipenuhi untuk menghilangkan rasa lelah setelah beraktivitas.Ada kalanya kita tidur awal malam tetapi ketika kita melakukan kegiatan diwaktu pagi tubuh merasa lemas dan tidak ada selera melakukan aktivitas tersebut.Oleh karena itu kita mempunyai tips agar tidur kamu berkualitas:

1. Usahakan tempat tidur bersih dan nyaman

Kita pernah merasa tidur kita tidak nyaman akibat tempat tidur yang kotor. Oleh karena itu tempat  tidur yang bersih dapat mempengaruhi kualitas tidur.
Membersihkan sebagian anggota tubuh

Dengan hal ini seseorang dapat merasa nyaman dan rileks karena kondisi tubuh yang bersih.contoh: kita cuci sebagian anggota dengan mencuci sebagian kaki sampai mata kaki/lutut dan sebagian tangan sampai sikut atau pun kalian bisa mencuci dengan cara berwudhu.Karena dengan berwudhu anggota tubuh yg biasa terkena debu/kotoran sudah termasuk dalam berwudhu.

2. Usahakan lampu dalam keadaan mati
Apabila kondisi lampu tidak mati akibatnya mata lelah.Para Ilmuwan telah meneliti bahawa saat tidur zat melatonin(zat yang mengatur siklus malam dan siang atau siklus bangun dan tidur) menurun yang kondisi lampu menyala. Akibatnya
a. Resiko kanker
b. Obesitas
c. Depresi
d. Mempengaruhi kesuburan wanita (seperti;kanker payudara)
e. Perubahan hormonal
f. Insomnia

3. Meminta perlindungan kepada Allah SWT
Mintalah kepada Allah dari perlindungan-NYA.Selain kita ikhtiar kita pun wajib meminta perlindungan dari gangguan setan dan lain-lainnya

Itulah salah satu tips agar tidur kita berkualitas.semoga bermanfaat.

Ditulis oleh:
1. M. SAFIQ MUBAROQ
2. GILANG RAMADHAN
3. RIFADZ
4. AHMAD
5. Rendi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar