Senin, 20 Agustus 2018

[TEKS PROSEDUR] Cara Meningkatkan Keimanan dan Mempertahankannya oleh Wijdan, dkk.

Sumber Gambar: haje-memory.blogspot.com

Kita sebagai umat islam memiliki keyakinan bahwa tuhan yang patut disembah hanya Allah SWT, mentaati semua perintahNya dan menjauhi LaranganNya merupakan kewajiban kita selaku hambaNya.

Iman dapat diartikan keyakinan. Yakin bahwa satu-satunya tuhan yang patut disembah hanya Allah SWT, yakin bahwa Nabi Muhammad adalah utusanNya, dan yakin terhadap akhirat, bahwa ada kehidupan setelah kematian.

Dalam merealisasikan keimanan, sorang muslim hendaknya mentaati segala perintahNya dan menjauhi laranganNya dengan dasar keyakinan hanya kepada allah, tanpa ada pamrih sedikitpun kepada manusia lainnya.

Namun, faktanya keimanan memiliki 2 sifat yaitu yaziidu(bertambah) dan yanqushu(berkurang), sehingga bisa kita rasakan sendiri bahwa terkadang keyakinan kita kepada Allah menurun dan terkdang meningkat, oleh karenanya kami sajikan beberapa tips yang mungkin dapat berguna untuk menambah keimanan kita.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan dan mempertahankan keimanan itu, yaitu:

1. Sering menghadiri pengajian-pengajian
Tentu sebagaimana dalam sebuah sumber yang pasti benarnya yaitu hadits, disebutkan bahwa salah satu hal yang dapat meningkatkan keimanan adalah menghadiri pengajian-pengajian(majlis ilmu). Bisa kita rasakan sendiri, ketika kita mendengar sebuah ceramah misalnya, hati kita seolah tersiram sehingga keimanan itu meningkat kembali.
Membaca buku-buku tentang hari akhir(kiamat)

2. Mengingat akan hari akhir dapat menjadi salah satu cara agar keimanan kita meningkat, baik itu dengan cara melhat ceramaah-ceramah akhir zaman atupun membaca buku-buku akhir zaman

3. Selalu ingat akan kematian, bahwa dunia hanya sementara
Dengan mengingat kematian, setiap orang akan lebih waspada terhadap semua yang akan dilakukannya, karena takut hal tersebut termasuk kedalam dosa. Akibatnya dia akan melakukan banyak hal yang positive karena tersadar dunia hanyalah persinggahan bukan tempat menetap.

4. Muhasabah diri setiap hari
Dengan memuhasabah diri sendiri seseorang tidak akan sibuk menggali aib orang lain, karenanya dia akan sibuk mengintrospeksi diri sendiri. Dengan begitu keimanan dalam dirinya akan bertambah.
Berusaha menjauhi segala macam kemaksiatan

Menjauhi segala macam kemaksiatan akan menambah keimanan kita kepada alloh, dengan kalimat “menjauhi kemaksiatan” saja sudah jelas bahwa orang tersebut memiliki keimanan yang kuat.

Insya allah, dengan   kita memenuhi semua tips di atas keimanan kita akan meningkat dan kita sebagai muslim dapat melaksanakan kewajiban kita dengan baik. Aamiin.



Bandung, 18 agustus 2018
Kelompok:
Wijdan KMM
Hardika MR
M. Iqbal J
M. Ramdhan K
Fikri AF
M. Aditya
Alfi SA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar