Jumat, 28 Juni 2019

Ibu Terbaik


Demi Allah, orang yang paling terpuruk dan terpukul saat seorang anak sakit atau mengalami kejadian yang tak diinginkan adalah ibunya.

Jika bisa memindahkan sakit itu padanya, niscaya ibu akan rela.
Saya sampai bilang begini saat anak tidak mau atau susah minum obat, kalau bisa, Nak. Biar mamah saja yg minum obat, tapi dede yg sembuh.

Kalaupun dia terlihat biasa saja. Dia hanya mencoba lebih tegar dan menyembunyikan sedihnya. Dia hanya Mencoba berdamai dengan pesakitan. Dia hanya mencoba lebih ikhlas menerima ketentuan-Nya.

Maka jika ada orang yang ibu tidak fokus atau tidak becus atau yang lainnya atau bahkan menuduh penyebab sakitnya anak adalah karena ibunya. Sungguh sangat menyakiti ibu yang sudah mengandungnya selama 9 bulan.

Percayalah, setiap ibu berhak menjadi ibu terbaik bagi anak-anaknya.
Seorang ibu akan melakukan yang terbaik  untuk anak-anaknya. Walau tindakannya tidak sama dengan ibu lainnya.

Semoga Allah senantiasa melindungi dan memberkahi ibu-ibu di dunia ini.

Rabu, 26 Juni 2019

Bell's Palsy atau Belpasi?



Teman-teman ada yg pernah dengar atau bahkan mengalami Bell's Palsy atau Belpasi?

Bagi saya sebagai orangtua yang anaknya mengalami ini tentunya sangat waswas. Pikiran-pikiran negatif menghantui saya saat itu. Bagi saya ini benar-benar ujian terberat kedua dalam hidup (yg pertama ujian saat orangtua mengalami lakalantas yg parah saat baru lulus SMA. Skip dulu). 

Ya, dulu sekitar 2013 belpasi ini masih jarang dialami, apalagi untuk usia balita seperti Fatiya (2 tahun). Petugas medis pun merasa aneh apalagi saya yang awam.
Berbeda saat saya bawa Aqilla, petugas medis langsung menebak,  "Oh Bell's Palsy ya?" mungkin sudah banyak kasus yang sama terjadi.

Jadi apa sih Belpasi itu?
Belpasi adalah kelumpuhan otot wajah sebelah (bisa kiri atau kanan saja) yang menyebabkan mata tidak bisa mengedip dan bibir tidak bisa bergerak sempurna. Alhasil, wajah menjadi asimetris. Bisa disebut "bengo".  Ya Allah, benar-benar gak tega kalau udah lihat anak wajahnya asimetris. Aktivitas wajah menjadi terganggu (gak ngerti kan?😅) maksudnya, aktivitas seperti berbicara, mengunyah, heuay, senyum, dkk., apalagi tertawa atau menangis.

Jangan sampai nangis deh, tapi Aqilla ngahajakeun sekali. Sabar!  Sabar!  (Sambil ngelus dada)

Kalau dulu, Fatiya nangis emak malah ikutan nangis juga. Saking gak teganya.
Apa bedanya dengan stroke ringan?
Ada yang bilang stroke ringan. Namun, beda ya gengs. Bedanya adalah pada syaraf yg diserang. Kalau stroke ringan ke syaraf pusat, sedangkan belpasi pada syaraf ketujuh. Maka pada penderita belpasi tidak berpengaruh pada ingatannya. Hanya otot wajah bagian sebelah tidak bisa digerakkan.

Maka biasanya, pada penderita ini akan terjadi iritasi pada sebagian mata yg mengalami kelumpuhan. Ini juga terjadi pada Aqilla. Dokter meresepkan tetes mata untuk menangani iritasi pada matanya.

Lantas, apa penyebabnya?
Penyebabnya beragam. Saat saya periksakan anak-anak. Petugas medisnya tanya. Udah kena AC mobil ya?  Udah momotoran? Ini sebelumnya panas? Sakit gigi? (Katanya syarafnya dekat jadi bisa juga) Batuk pilek?  Udah ke THT? Udah dari mana si ade? 

Dapet pertanyaan itu pusing saya. Hahaha.. 
Selain googling, saya pun nanya langsung ke dokter spesialis bedah syaraf (dr. Media) RSUD Cibabat. 

Kata dokternya, dari kecapean dan kena virus.  Intinya kondisi badan anak sedang lemah dan munculah virus menyerang syaraf kranial ketujuh. Bisa searching sendiri ya, kalau gak puas.

Kalau kena Belpasi harus gimana?
Kalau kamu atau buah hati lamu terserang Belpasi, yang pertama harus tetap tenang. Ya, jangan panik. 

Periksakan ke dokter, kalau anak-anak boleh ke dokter anak dulu. Kalau ragu itu Belpasi atau bukan. Kalau Aqilla kemarin langsung saya periksakan ke dokter spesialis bedah syaraf karena sudah pengalaman dan yakin kena Belpasi.

Malahan ketemu sama dokter spesialis anak yg pernah menangani Aqilla saat terkena penyakit lain. Sempat ngobrol juga, tentang Belpasi. Katanya iya, gpp langsung ke dokter syaraf juga. (Kalau ke anak dulu lalu ke syaraf double gengs bayarnya🙃) apalagi saya mah ke polikhusus (males ngantri).

Jangan ke tukang pijat
Jangan coba-coba ke tukang pijat ya, maksudnya ada kan pengobatan tradisional yg dipijat atau dipijat sendiri bagian wajah yang otot-ototnya lumpuh. Paling tidak 5 hari setelah mengalami Belpasi. Bahaya ya, kelumpuhan dan asimetris pada wajah bisa lebih parah.

Makanya pada penderita Belpasi,  akan diberikan obat anti virus (acyclovir) selama 5 hari dan diminum 5 kali sehari (udah kayak salat 5 waktu aja) ini yg berat. 5 kali dong. Awal-awal mungkin anak gpp, keseringan nolak juga. Harus ekstra sabar merayu mereka.

Fisioterapi
Setelah kurang lebih 1 minggu kejadian, barulah penderita Belpasi ini bisa diterapi. Khusus ya terapinya, di bagian rehabilitasi medis. Namanya fisioterapi, dengan EMG (elektromiografi).  Bisa juga terapi sendiri di rumah tergantung saran dari dokter bedah syaraf dan rehabilitasi medisnya. Terapi di rumah dengan latihan wajah:  mengedip, mengerutkan dahi, mengerutkan bibir, tersenyum, meniup, bersiul, dlsb.

Minta ke Allah
Ini yang paling penting dan jangan dilupakan setiap muslim. Betapa pun kita berusaha untuk sembuh tanpa ada izin Allah maka kita tak akan sembuh. Dari awal terkena haruslah berpasrah diri. Bukan berarti tidak berusaha ya.
Sebelum konsultasi ke dokter, konsultasi dulu ke Allah. Minta yang terbaik.
Saya biasanya setiap minum obat sambil baca doa, sambil bener-bener minta disembuhkan. 

"Allahumma Robbannaasi,  mudzhhibal ba'si Isyfi Anta Syaafii Laa syafiya illa Anta Syifaa'an laa yughodiru saqomaan."

Karena hanya Allah semata yang bisa mengangkat penyakit dari diri-diri kita. Saya juga senantiasa mengajak anak-anak berdoa juga. Sama-sama berdoa agar lebih mudah dikabulkan.
Wallahu a'laam bishowab. (IF)

Senin, 26 November 2018

[BLOG TOUR MARRIAGE DEAL | Pengumuman Give Away ]

Hai! Hai! Hallo! Teman-teman..

Selamat dan semangat pagi semua.

Hari ini saya umumkan pemenang satu eksemplar novel Marriage Deal karya keren dari Kak Marisa Umami.

Penasaran gak sih? Penasaran dong. Pemenangnya adalah yang punya jawaban kece ini.


Sebenarnya jawaban teman-teman bagus semua. Tapi tentu saja harus ada yang jadi pemenangnya.

Selamat ya bagi pemenang. Saya tunggu nama lengkap, alamat lengkap, no. Kontak dm saja via akun IG saya @imie_sidiq.

Terima kasih..

Sabtu, 17 November 2018

[BLOG TOUR MARRIAGE DEAL] Give Away Marriege Deal Karya Marisa Umami




Selamat pagi menjelang siang...
Di tempat saya agak mendung gimana gitu. Di tempat kamu gimana? Sama gak? Tapi tidak mengurangi semangat saya untuk mandu give away ini. Baiklah... 

Hari ini adalah hari terakhir saya nge-host di rangkaian blogtour Marriage Deal. Ya, ini adalah saatnya give away. kalian yang beruntung akan mendapatkan satu eksemplas novel romance ini. dijamin gak bakalan nyesel. kalian akan jatuh cinta pada kisah Agam dan Marlian. 

Gimana caranya? Yuk simak baik-baik...

1. Follow blog dan akun IG @imie_sidiq sama akun IG penulis Marriage Deal @casaemayu @xsimamora dan @twigora
2. Repost banner di atas tandai @imie_sidiq sertakan tagar #novelmarriegedeal #hostilmifadillahXtwigora
3. Tulis nama, domisili, penulis favorit, dan jawab pertanyaan ini di komentar blog. Kalau harus dihadapkan dengan sebuah pilihan, kamu lebih memilih pasangan berprofesi sebagai apa? Dokter atau arsitek? 
Sertakan alasannya ya!

Udah gitu aja, gampang kan?! Tunggu apa lagi? Ayo ikutan semoga beruntung😍😘
Periode GA 18-24 November 2018.


Jangan lupa kunjungi juga postingan saya sebelumnya tentang bincang penulis dan ulasan novel. 

Blog tour akan diadakan selama 30  hari dengan jadwal sebagai berikut:

22 – 25 OKTOBER 2018: THESSALIVIA REZA

26 – 29 OKTOBER 2018: IKA MAYANG SARI
URL Blog : http://dumziebooks.blogspot.com/

30   OKTOBER – 2 NOVEMBER 2018: FABIOLA IZDIHAR
URL Blog: readingvibes.blogspot.com

3 – 6 NOVEMBER 2018: PIDA ALANDRIAN
URL Blog : https://collection-of-book.blogspot.com/ 

7 – 10 NOVEMBER 2018: SINTIYA LASTARI DEVA R
Url Blog: https://aoiperiwinkle.wordpress.com/

11 – 14 NOVEMBER 2018: RATNA KOMALASARI
URL Blog: www.blueshood.wordpress.com

15 – 18 NOVEMBER 2018: ILMI FADILLAH [KAMU SEDANG DI SINI]
Url Blog: http://ilmifadillah.blogspot.com

19 – 22 NOVEMBER 2018: AHMAD AZWAR AVISIN
Url Blog: https://blognyaazwar.blogspot.com/






Jumat, 16 November 2018

[BLOG TOUR MARRIAGE DEAL] Ulasan Novel Marriage Deal karya Marisa Umami dan Photo Challenge

Hai, pembaca semua! Semangat pagi!
Pagi ini saya akan bagikan ulasan saya tentang Marriage Deal. 
Baiklah, langsung saja ya...


JUDUL                           : MARRIAGE DEAL
PENULIS                        : MARISA UMAMI
GENRE                             :  Novel
Jumlah halaman            :  276 halaman
ISBN                                 :  978-602-5903-00-7
Harga                               :  76,000


KALAU INGIN JATUH CINTA...
MENIKAHLAH.

ADA YANG JAUH LEBIH BURUK DARI PERNIKAHAN TANPA CINTA...
PERNIKAHAN DENGAN CINTA, TAPI BERTEPUK SEBELAH TANGAN.

Lian merencanakan segalanya sedari awal: sepakat untuk menikah, lamaran, menikah, lalu... bercerai.
Beruntung sekali dia dipertemukan dengan Agam, yang tak keberatan diikutkan dalam rencana absurd itu.

Menjadi istri Agam berarti dia harus menjalahi kehidupan pernikahan mereka untuk beberapa waktu lamanya. Laki-laki itu menghayati perannya sebagai seorang suami, juga sahabat baru bagi Lian. Kebersamaan mereka lama-lama membangkitkan sesuatu yang tak pernah dia rencanakan: jatuh cinta pada arsitek tampan itu.

Meskipun berat, Lian sulit menyangkal perasaan barunya. Tapi ketika dia bermaksud mengusulkan untuk memperpanjang umur pernikahan mereka, Agam malah memintanya bercerai. Harusnya Lian tak keberatan, ini memang rencana mereka semula. Lalu kenapa air matanya tak berhenti keluar? Bagaimana mungkin Lian merasa kehilangan seseorang yang tak pernah benar-benar jadi miliknya?

Gimana udah baca blurb sekaligus sinopsis ceritanya? 

Marlian Malik, seorang dokter yang bertugas di UGD. Profesinya mengingatkan saya pada dr. Kang di drama korea DOTS. Hehehe.. apalagi adegan pertama Lian bertemu Agam (lebih tepatnya saat Agam menginvestigasi Lian di ruangan UGD) memperkuat khayalan itu. Namun, Agam bukan seorang tentara. Tentunya tak kalah keren dari itu, ya! Agam adalah seorang arsitek. Lian bagi saya mewakili wanita karir yang karena kesibukannya sampai lupa untuk menikah.

Berhubung saya baca dari first chapter, penasaran banget nih sama kisah mereka selanjutnya. Sepasang suami-istri yang sangat diidam-idamkan orang kebanyakan tentunya. Ideal. Perfecto. Sayang sekali mereka hanya terikat kawin kontrak.

Di kehidupan rumah tangga mereka, pembaca dibuat baper sama kelakuan Agam. Ya ampun Agam, sosok suami yang baik meski hanya suami kontrak. Namun, keraguan selalu ada, apa Agam memang benar-benar tulus atau tidak.

Sementara Lian,  sangat beruntung mendapatkan Agam. Lian, rasanya gue banget. Hahaha.. saya tak suka pekerjaan domestik (curcol). Lucu, saat mereka memutuskan untuk bahagia menjalani pernikahannya. Saat Lian memasakkan Agam nasi goreng. 

Ibu mertua Lian juga baik banget loh. Memang cita-citanya adalah punya menantu seorang dokter. Kan pas banget. Agam yang sangat mencintai ibunya tentu saja dengan senang hati mengikuti permintaan ibu--yang Lian panggil Tante meski mereka sudah diikat oleh kata pernikahan. Sekalinya manggil ibu, aduh... Senengnya minta ampun. Sebisa mungkin Ibu Agam akan menjadi mertua yang terbaik bagi menantu dokternya itu. 

Di sini pembaca belajar bagaimana berhubungan dengan baik. Antara anak ke ibu dan keluarganya. Kasih sayang orang tua ke anak-anaknya. Meski tak semua dinilai baik oleh si penerima. Aduh nulis apa sih saya. Gak jelas begini. Hahaha.. maafkan.. saya yg error. Intinya harus saling menyayangi antar anggota keluarga. 

Kisahnya memang terasa lempeng aja di tengah-tengah. Ada dua konflik yang saya tangkap. Pertama, saat Lian terciduk bertengkar dengan ayahnya. Alasan Lian menikah dengan Agam terbongkar sudah. 
Lian sempat pergi dari rumah saat itu, tapi Agam terlalu baik. Agam pun memaafkan Lian dan mereka tinggal bersama kembali. 

Yang kedua, menurut saya adalah puncak konflik alias klimaksnya cerita. Saat Lian harus memutuskan untuk memilih studi, demi keegoisannya melanjutkan studi yang ia inginkan. Ataukah memilih ibu mertuanya yang sedang sakit parah, yang sangat membutuhkan Lian di sampingnya. 

Di tengah konflik, justru Agam menambah masalah lagi. Agam tiba-tiba menceraikan Lian.

Betewe, yang paling saya suka adalah akhir cerita dari kisah yang dikarang oleh Kak Marisa ini. Penuh kejutan. Di akhir justru mengungkap pertemuan pertama Lian dan Agam sebenarnya. Yang menyiratkan kalau Agam sudah mencintai Lian dari sejak mereka pertama bertemu. Eh, tepatnya saat Agam melihat Lian yang sedang menghadapi pasien yang minta aborsi. 

Dalam novel ini kita juga akan disuguhkan istilah-istilah kedokteran. Pembaca tak perlu bingung karena ada footnote di bawahnya. Istilah-istilah itu antara lain:

dianamnesis, diografi (hal. 107)
endometrium, abdomen, peritonitis (hal. 238)
hasil foto polos abdomen, performan, anemis, dan hipotensi (hal. 239)
intravena, syok hipofole mil (hal. 246)

Mau tahu makna istilah itu? Boleh. Silakan baca novelnya. Lebih seru dari pada baca kamus istilah kedokteran. 


Setelah ulasan saya akan bagikan hasil tantangan foto saya  jeng..jeng..jeng...


taken by @alfisa
                         taken by @alfisa

Sebenarnya cukup satu, tapi sayang kalau dibuang. Thanks adik saya yang mau dikerjain.. disuruh ini dan itu.. diminta fotoin ini itu. Semoga kita beruntung. Sekian nantikan besok give awaynya ya😍😘









Blog tour akan diadakan selama 30  hari dengan jadwal sebagai berikut:

22 – 25 OKTOBER 2018: THESSALIVIA REZA

26 – 29 OKTOBER 2018: IKA MAYANG SARI
URL Blog : http://dumziebooks.blogspot.com/

30   OKTOBER – 2 NOVEMBER 2018: FABIOLA IZDIHAR
URL Blog: readingvibes.blogspot.com

3 – 6 NOVEMBER 2018: PIDA ALANDRIAN
URL Blog : https://collection-of-book.blogspot.com/ 

7 – 10 NOVEMBER 2018: SINTIYA LASTARI DEVA R
Url Blog: https://aoiperiwinkle.wordpress.com/

11 – 14 NOVEMBER 2018: RATNA KOMALASARI
URL Blog: www.blueshood.wordpress.com

15 – 18 NOVEMBER 2018: ILMI FADILLAH [KAMU SEDANG DI SINI]
Url Blog: http://ilmifadillah.blogspot.com

19 – 22 NOVEMBER 2018: AHMAD AZWAR AVISIN
Url Blog: https://blognyaazwar.blogspot.com/



Kamis, 15 November 2018

[BLOG TOUR MARRIAGE DEAL] BINCANG PENULIS


Hallo, jumpa lagi dengan saya, di blog tour dengan novel berbeda. Btw, maaf bisa baru pos hari ini.
Seperti biasa, postingan pertama akan menampilkan bincang-bincang saya dengan penulis. Iya, betul sekali, Kak Marisa Umami. langsung aja yuk!


1. Apa kabar Kak Marisa? Marriege Deal punya ide cerita yang unik. Biasanya dapat ide dari mana Kak? Apakah ada tips untuk mendapat ide cerita yang menarik?

Halo Ilmi. Alhamdulillah kabar saya baik. Kalau ide itu bisa muncul kapan dan di mana saja ya. Jadi, mungkin tips nya adalah selalu menyiapkan catatan. Saat kepikiran hal-hal yang menarik langsung dicatat poin-poin penting yang mungkin bisa dikembangkan jadi premis.

2. Kak Marisa punya kesibukan lain di luar menulis. Bagaiamana Kak cara membagi waktu antara menulis dan aktivitas lain?

Saya termasuk orang yang kurang disiplin dan kadang-kadang suka menunda pekerjaan. Nah, untuk mengatasi itu sih biasanya saya harus menentukan deadline dan memotivasi diri sendiri. Tentu juga ada hal yang terpaksa dikorbankan seperti jam tidur.

3. Menurut Kakak seberapa penting peran pembaca pertama?
Pembaca pertama itu penting banget bagi saya pribadi. Sebagai penulis, kan kita kadang-kadang sulit untuk objektif. Jadi, di sini lah peran pembaca pertama untuk mengkritik kalau ada adegan yang dirasa nggak nyambung, nggak penting, typo atau memberi masukan.


4. Adakah kesulitan khusus dalam menggarap novel romance? Kakak ada rencana kah membuat novel dengan genre yang berbeda?

Kesulitan khusus bagi saya itu membangun chemistry di antara tokoh utamanya. Dalam menyusun plot juga susah, sih. Soalnya kalau romance kan pasti happy ending. Nah, menyusun perjalanan menuju happy ending ini yang sulit, gimana caranya supaya pembaca nggak bosan dan mau mengikuti cerita sampai akhir.

Saya sih kepengin  banget bisa menulis novel fantasi, lebih spesifiknya dystopian. Mudah-mudahan saja suatu saat bisa kesampaian.

5. Apakah Kak Marisa pernah mengalami writer's block? Bagaimana cara mengatasinya?
Iya pernah. Biasanya saya tinggalin dulu naskahnya lalu main game, nonton drama Korea atau senam. Setelah fresh baru kembali lagi ke naskah.

Sekian dari saya. Semoga menjawab semua pertanyaannya, ya.
Salam,

Marisa Umami

Terima kasih Kakak.

Kamu masih penasaran dengan sutradara novel ini. Mending baca novelnya deh. Seru banget deh. Ada bonus nih, profil penulisnya.

PROFIL PENULIS

Marisa Umami anak sulung dari dua bersaudara. Ambisinya adalah menjadi penulis novel dystopian. Namun nasib membawanya untuk menulis cerita romantis. Dia penggemar cerita detektif, drama Korea, bulu tangkis, Moto GP, karaoke dan kopi hitam.
Saat ini dia bekerja di salah satu puskesmas di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Di sela-sela kesibukan bekerja, Marisa meluangkan waktu untuk menulis ide-ide cerita, belajar memasak dan membuat kue. Sapa dia via Instagram di @casaemyu.

Postingan kedua nanti akan saya ulas novel ini. WOW! Tetap pantengin terus blog saya ya guys!






Blog tour akan diadakan selama 30  hari dengan jadwal sebagai berikut:

22 – 25 OKTOBER 2018: THESSALIVIA REZA

26 – 29 OKTOBER 2018: IKA MAYANG SARI
URL Blog : http://dumziebooks.blogspot.com/

30   OKTOBER – 2 NOVEMBER 2018: FABIOLA IZDIHAR
URL Blog: readingvibes.blogspot.com

3 – 6 NOVEMBER 2018: PIDA ALANDRIAN
URL Blog : https://collection-of-book.blogspot.com/ 

7 – 10 NOVEMBER 2018: SINTIYA LASTARI DEVA R
Url Blog: https://aoiperiwinkle.wordpress.com/

11 – 14 NOVEMBER 2018: RATNA KOMALASARI
URL Blog: www.blueshood.wordpress.com

15 – 18 NOVEMBER 2018: ILMI FADILLAH [KAMU LAGI DI SINI]
Url Blog: http://ilmifadillah.blogspot.com

19 – 22 NOVEMBER 2018: AHMAD AZWAR AVISIN
Url Blog: https://blognyaazwar.blogspot.com/



Senin, 12 November 2018

[BLOG TOUR SONG FOR ALICE | Pengumuman Give Away

Hallo! Hai! Hai semua..

Ada yang nungguin pengumuman pemenang Give Away?

Hari ini memang jadwalnya saya umumkan pemenang 1 eksemplar novel Song for Alice. Siapa yang beruntung? Ini dia.. langsung saja.

Pemenangnya adalah yang punya jawaban kece ini.

Selamat ya! Langsung DM saya ya! Tulis nama, alamat lengkap, dan no. Kontak. Saya tunggu..