Rabu, 18 Juli 2018

Analisis Kalimat Efektif dalam Cerpen

Gambar: Dokumen Pribadi

Judul Buku: Selasa Rasa Tentang Lelaki                               (Antologi Cerpen Bertema Lelaki
Penulis       : AS Gunarti, dkk.
Penerbit     : AE Publishing
Tahun.        : 2018

Gambar: Dokumen Pribadi

Judul cerpen: Lelaki Yang Salah
Karya             : Jennifer Anggraini R.

Sinopsis
Cerpen ini berkisah tentang Prita yang tak mudah melupakan Radya, lelaki yang menurutnya adalah mantan terindah. Namun, kegigihan seorang Raffi bisa menaklukkan hatinya. Padahal sudah bertubi-tubi penolakan yang Prita lakukan. Usia mereka pun terpaut agak jauh. Raffi lebih muda dari Prita. 

Prita pun sedih. Raffi akan melanjutkan kuliah guna memperoleh gelar masternya di luar negeri. Saat perpisahan justru Prita bertemu kembali dengan Radya. Ia tak lain adalah kakak kekasihnya, Rafi.

Analisis Kalimat Efektif

Paragraf 1

Kembali memandangi layar benda canggih berlogo apel tergigit membawa netra tertuju ke bawah kanan monitor. Sebaris huruf membentuk kata Friday. Hey! This is Friday but I still busy with my job. Jadi apa gunanya TGIF jika di waktu yang sudah menunjukkan lewat tengah hari masih disibukkan oleh deadline laporan akhir pekan. Huft!

Perbaikan

Aku kembali memandangi layar benda canggih berlogo apel tergigit. Netraku tertuju ke bawah kanan monitor. Sebaris huruf membentuk kata Friday. Hey! This is Friday but I still busy with my job. Jadi apa gunanya TGIF (Thank God It's Friday)? jika lewat tengah hari masih disibukkan oleh deadline laporan akhir pekan. Huft!

Paragraf 2

Jadwal keberangkatan Raffi. Demi melepasnya terbang ke negeri orang untuk waktu cukup lama kugunakan hak cuti kantor.

Perbaikan:

Hari ini jadwal keberangkatan Raffi. Kugunakan hak cuti kantor demi melepasnya ke negeri orang dalam waktu yang cukup lama.


Catatan: Tulisan ini merupakan tugas Kelas Menulis Online Madrasah Pena. Mohon maaf jika ada yang kurang tepat. Semoga bermanfaat. Salam literasi!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar