Jumat, 24 April 2020

Dalam Nama Terselip Doa


Picture by Tim BSB
Designed by Canva

Apalah arti sebuah nama? Begitu kata peribahasa. Bagaimana menurut kalian? Namun, menurut saya nama itu penting. Apalagi dalam Islam. Nama adalah doa. Doa dari orang tua untuk anaknya tercinta. Tentunya doa-doa terbaik. Maka memberikan nama untuk buah hati harus sungguh-sungguh. Jangan asal-asalan.

Setiap keluarga punya ciri khas dalam memberikan nama-nama untuk anak-anak mereka. Misalnya, setiap anak diberikan nama belakang yang sama. Biasanya diambil dari nama ayahnya. Nama anak-anak bisa juga diberikan huruf awalan yang sama atau bahkan setiap katanya dengan awalan huruf yang sama atau ciri khas lainnya yang unik.

Kebetulan keluarga kecil saya memberikan nama-nama anak dengan awalan huruf "F" Kenapa "F"? karena masing-masing nama kami (saya dan suami) terselip huruf "F". Fadillah dan Fajar. Nama panggilan kami juga dari huruf F. Fillah dan Fajar. Maka anak-anak kami pun diawali oleh huruf F dan diakhiri dengan nama belakang suami: Shiddieq.

Anak pertama: Fatiya Sharliz Raihana Shiddieq (Fatiya)
Anak kedua: Faiqa Najma Aqilla Shiddieq (Aqilla)

Berikutnya anak ketiga, kadung harus awalan huruf F lagi dan buntutnya nama belakang bapaknya. Tak biasanya, belum menyiapkan nama. Padahal bayi sudah lahir. Sudah banyak yang nanya siapa namanya. Menebak-nebak nama dari huruf F, dll. Hehe.. Nanti dulu, emaknya belum mood. Lagian masih ada waktu sampai hari ketujuh.

Lahir di suasana pandemi, tidak lantas ikut-ikutan memberi nama berhubungan dengan makhluk kecil yang tak terlihat itu. Emak pun buka paririmbon dan diskusi dengan si sulung. Tercetuslah nama ini:

Fadya Rasyidatul Jaziya Shiddieq (Jaziya) 

Fadya: Yang menyelamatkan
Rasyidatul: Cerdas, yang mendapat petunjuk
Jaziya: Pemberian
Shiddieq: Yang membenarkan

Arti lengkapnya, silakan gabungkan sendiri. Hehe.. Kurang lebih begini,
Pemberian (dari Allah) yang menyelamatkan, cerdas, dan yang membenarkan.

Nama tersebut merupakan doa kami, semoga anak pemberian Allah ini akan menyelamatkan kedua orang tua dan orang-orang sekitarnya dengan kecerdasan dan petunjuk dari Allah, serta selalu terdepan dalam membenarkan yang haq. Sehingga kita semua bisa berkumpul di surgaNya. Aamiin.. Ya robbal 'alamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar