Kamis, 15 November 2018

[BLOG TOUR MARRIAGE DEAL] BINCANG PENULIS


Hallo, jumpa lagi dengan saya, di blog tour dengan novel berbeda. Btw, maaf bisa baru pos hari ini.
Seperti biasa, postingan pertama akan menampilkan bincang-bincang saya dengan penulis. Iya, betul sekali, Kak Marisa Umami. langsung aja yuk!


1. Apa kabar Kak Marisa? Marriege Deal punya ide cerita yang unik. Biasanya dapat ide dari mana Kak? Apakah ada tips untuk mendapat ide cerita yang menarik?

Halo Ilmi. Alhamdulillah kabar saya baik. Kalau ide itu bisa muncul kapan dan di mana saja ya. Jadi, mungkin tips nya adalah selalu menyiapkan catatan. Saat kepikiran hal-hal yang menarik langsung dicatat poin-poin penting yang mungkin bisa dikembangkan jadi premis.

2. Kak Marisa punya kesibukan lain di luar menulis. Bagaiamana Kak cara membagi waktu antara menulis dan aktivitas lain?

Saya termasuk orang yang kurang disiplin dan kadang-kadang suka menunda pekerjaan. Nah, untuk mengatasi itu sih biasanya saya harus menentukan deadline dan memotivasi diri sendiri. Tentu juga ada hal yang terpaksa dikorbankan seperti jam tidur.

3. Menurut Kakak seberapa penting peran pembaca pertama?
Pembaca pertama itu penting banget bagi saya pribadi. Sebagai penulis, kan kita kadang-kadang sulit untuk objektif. Jadi, di sini lah peran pembaca pertama untuk mengkritik kalau ada adegan yang dirasa nggak nyambung, nggak penting, typo atau memberi masukan.


4. Adakah kesulitan khusus dalam menggarap novel romance? Kakak ada rencana kah membuat novel dengan genre yang berbeda?

Kesulitan khusus bagi saya itu membangun chemistry di antara tokoh utamanya. Dalam menyusun plot juga susah, sih. Soalnya kalau romance kan pasti happy ending. Nah, menyusun perjalanan menuju happy ending ini yang sulit, gimana caranya supaya pembaca nggak bosan dan mau mengikuti cerita sampai akhir.

Saya sih kepengin  banget bisa menulis novel fantasi, lebih spesifiknya dystopian. Mudah-mudahan saja suatu saat bisa kesampaian.

5. Apakah Kak Marisa pernah mengalami writer's block? Bagaimana cara mengatasinya?
Iya pernah. Biasanya saya tinggalin dulu naskahnya lalu main game, nonton drama Korea atau senam. Setelah fresh baru kembali lagi ke naskah.

Sekian dari saya. Semoga menjawab semua pertanyaannya, ya.
Salam,

Marisa Umami

Terima kasih Kakak.

Kamu masih penasaran dengan sutradara novel ini. Mending baca novelnya deh. Seru banget deh. Ada bonus nih, profil penulisnya.

PROFIL PENULIS

Marisa Umami anak sulung dari dua bersaudara. Ambisinya adalah menjadi penulis novel dystopian. Namun nasib membawanya untuk menulis cerita romantis. Dia penggemar cerita detektif, drama Korea, bulu tangkis, Moto GP, karaoke dan kopi hitam.
Saat ini dia bekerja di salah satu puskesmas di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Di sela-sela kesibukan bekerja, Marisa meluangkan waktu untuk menulis ide-ide cerita, belajar memasak dan membuat kue. Sapa dia via Instagram di @casaemyu.

Postingan kedua nanti akan saya ulas novel ini. WOW! Tetap pantengin terus blog saya ya guys!






Blog tour akan diadakan selama 30  hari dengan jadwal sebagai berikut:

22 – 25 OKTOBER 2018: THESSALIVIA REZA

26 – 29 OKTOBER 2018: IKA MAYANG SARI
URL Blog : http://dumziebooks.blogspot.com/

30   OKTOBER – 2 NOVEMBER 2018: FABIOLA IZDIHAR
URL Blog: readingvibes.blogspot.com

3 – 6 NOVEMBER 2018: PIDA ALANDRIAN
URL Blog : https://collection-of-book.blogspot.com/ 

7 – 10 NOVEMBER 2018: SINTIYA LASTARI DEVA R
Url Blog: https://aoiperiwinkle.wordpress.com/

11 – 14 NOVEMBER 2018: RATNA KOMALASARI
URL Blog: www.blueshood.wordpress.com

15 – 18 NOVEMBER 2018: ILMI FADILLAH [KAMU LAGI DI SINI]
Url Blog: http://ilmifadillah.blogspot.com

19 – 22 NOVEMBER 2018: AHMAD AZWAR AVISIN
Url Blog: https://blognyaazwar.blogspot.com/



2 komentar:

  1. Wah samaan nih sama Kak Marisa aku juga kadang selalu menunda" pekerjaan, kebanyakan ntarnya😆 eh ujung"nya lupa. Euum menentukan deadline kayaknya bukan ide yang buruk mau kucoba ah😆

    BalasHapus
  2. Wah sama banget kayak aku kak suka gak disiplin dan nunda2 pekerjaan akibatnya jadi kehilangan mood buat nulis dan tiba2 lupa aja alurnya 😊

    BalasHapus