Jumat, 16 November 2018

[BLOG TOUR MARRIAGE DEAL] Ulasan Novel Marriage Deal karya Marisa Umami dan Photo Challenge

Hai, pembaca semua! Semangat pagi!
Pagi ini saya akan bagikan ulasan saya tentang Marriage Deal. 
Baiklah, langsung saja ya...


JUDUL                           : MARRIAGE DEAL
PENULIS                        : MARISA UMAMI
GENRE                             :  Novel
Jumlah halaman            :  276 halaman
ISBN                                 :  978-602-5903-00-7
Harga                               :  76,000


KALAU INGIN JATUH CINTA...
MENIKAHLAH.

ADA YANG JAUH LEBIH BURUK DARI PERNIKAHAN TANPA CINTA...
PERNIKAHAN DENGAN CINTA, TAPI BERTEPUK SEBELAH TANGAN.

Lian merencanakan segalanya sedari awal: sepakat untuk menikah, lamaran, menikah, lalu... bercerai.
Beruntung sekali dia dipertemukan dengan Agam, yang tak keberatan diikutkan dalam rencana absurd itu.

Menjadi istri Agam berarti dia harus menjalahi kehidupan pernikahan mereka untuk beberapa waktu lamanya. Laki-laki itu menghayati perannya sebagai seorang suami, juga sahabat baru bagi Lian. Kebersamaan mereka lama-lama membangkitkan sesuatu yang tak pernah dia rencanakan: jatuh cinta pada arsitek tampan itu.

Meskipun berat, Lian sulit menyangkal perasaan barunya. Tapi ketika dia bermaksud mengusulkan untuk memperpanjang umur pernikahan mereka, Agam malah memintanya bercerai. Harusnya Lian tak keberatan, ini memang rencana mereka semula. Lalu kenapa air matanya tak berhenti keluar? Bagaimana mungkin Lian merasa kehilangan seseorang yang tak pernah benar-benar jadi miliknya?

Gimana udah baca blurb sekaligus sinopsis ceritanya? 

Marlian Malik, seorang dokter yang bertugas di UGD. Profesinya mengingatkan saya pada dr. Kang di drama korea DOTS. Hehehe.. apalagi adegan pertama Lian bertemu Agam (lebih tepatnya saat Agam menginvestigasi Lian di ruangan UGD) memperkuat khayalan itu. Namun, Agam bukan seorang tentara. Tentunya tak kalah keren dari itu, ya! Agam adalah seorang arsitek. Lian bagi saya mewakili wanita karir yang karena kesibukannya sampai lupa untuk menikah.

Berhubung saya baca dari first chapter, penasaran banget nih sama kisah mereka selanjutnya. Sepasang suami-istri yang sangat diidam-idamkan orang kebanyakan tentunya. Ideal. Perfecto. Sayang sekali mereka hanya terikat kawin kontrak.

Di kehidupan rumah tangga mereka, pembaca dibuat baper sama kelakuan Agam. Ya ampun Agam, sosok suami yang baik meski hanya suami kontrak. Namun, keraguan selalu ada, apa Agam memang benar-benar tulus atau tidak.

Sementara Lian,  sangat beruntung mendapatkan Agam. Lian, rasanya gue banget. Hahaha.. saya tak suka pekerjaan domestik (curcol). Lucu, saat mereka memutuskan untuk bahagia menjalani pernikahannya. Saat Lian memasakkan Agam nasi goreng. 

Ibu mertua Lian juga baik banget loh. Memang cita-citanya adalah punya menantu seorang dokter. Kan pas banget. Agam yang sangat mencintai ibunya tentu saja dengan senang hati mengikuti permintaan ibu--yang Lian panggil Tante meski mereka sudah diikat oleh kata pernikahan. Sekalinya manggil ibu, aduh... Senengnya minta ampun. Sebisa mungkin Ibu Agam akan menjadi mertua yang terbaik bagi menantu dokternya itu. 

Di sini pembaca belajar bagaimana berhubungan dengan baik. Antara anak ke ibu dan keluarganya. Kasih sayang orang tua ke anak-anaknya. Meski tak semua dinilai baik oleh si penerima. Aduh nulis apa sih saya. Gak jelas begini. Hahaha.. maafkan.. saya yg error. Intinya harus saling menyayangi antar anggota keluarga. 

Kisahnya memang terasa lempeng aja di tengah-tengah. Ada dua konflik yang saya tangkap. Pertama, saat Lian terciduk bertengkar dengan ayahnya. Alasan Lian menikah dengan Agam terbongkar sudah. 
Lian sempat pergi dari rumah saat itu, tapi Agam terlalu baik. Agam pun memaafkan Lian dan mereka tinggal bersama kembali. 

Yang kedua, menurut saya adalah puncak konflik alias klimaksnya cerita. Saat Lian harus memutuskan untuk memilih studi, demi keegoisannya melanjutkan studi yang ia inginkan. Ataukah memilih ibu mertuanya yang sedang sakit parah, yang sangat membutuhkan Lian di sampingnya. 

Di tengah konflik, justru Agam menambah masalah lagi. Agam tiba-tiba menceraikan Lian.

Betewe, yang paling saya suka adalah akhir cerita dari kisah yang dikarang oleh Kak Marisa ini. Penuh kejutan. Di akhir justru mengungkap pertemuan pertama Lian dan Agam sebenarnya. Yang menyiratkan kalau Agam sudah mencintai Lian dari sejak mereka pertama bertemu. Eh, tepatnya saat Agam melihat Lian yang sedang menghadapi pasien yang minta aborsi. 

Dalam novel ini kita juga akan disuguhkan istilah-istilah kedokteran. Pembaca tak perlu bingung karena ada footnote di bawahnya. Istilah-istilah itu antara lain:

dianamnesis, diografi (hal. 107)
endometrium, abdomen, peritonitis (hal. 238)
hasil foto polos abdomen, performan, anemis, dan hipotensi (hal. 239)
intravena, syok hipofole mil (hal. 246)

Mau tahu makna istilah itu? Boleh. Silakan baca novelnya. Lebih seru dari pada baca kamus istilah kedokteran. 


Setelah ulasan saya akan bagikan hasil tantangan foto saya  jeng..jeng..jeng...


taken by @alfisa
                         taken by @alfisa

Sebenarnya cukup satu, tapi sayang kalau dibuang. Thanks adik saya yang mau dikerjain.. disuruh ini dan itu.. diminta fotoin ini itu. Semoga kita beruntung. Sekian nantikan besok give awaynya ya😍😘









Blog tour akan diadakan selama 30  hari dengan jadwal sebagai berikut:

22 – 25 OKTOBER 2018: THESSALIVIA REZA

26 – 29 OKTOBER 2018: IKA MAYANG SARI
URL Blog : http://dumziebooks.blogspot.com/

30   OKTOBER – 2 NOVEMBER 2018: FABIOLA IZDIHAR
URL Blog: readingvibes.blogspot.com

3 – 6 NOVEMBER 2018: PIDA ALANDRIAN
URL Blog : https://collection-of-book.blogspot.com/ 

7 – 10 NOVEMBER 2018: SINTIYA LASTARI DEVA R
Url Blog: https://aoiperiwinkle.wordpress.com/

11 – 14 NOVEMBER 2018: RATNA KOMALASARI
URL Blog: www.blueshood.wordpress.com

15 – 18 NOVEMBER 2018: ILMI FADILLAH [KAMU SEDANG DI SINI]
Url Blog: http://ilmifadillah.blogspot.com

19 – 22 NOVEMBER 2018: AHMAD AZWAR AVISIN
Url Blog: https://blognyaazwar.blogspot.com/



2 komentar:

  1. Ah yaaampun Agam! manis banget deh, jadi pengen peluk *kode biar menang GA😆 euum tapi kok ya Lian kayak ngeselin gitu yaa kak. Ini mereka pdkt nya gimana yaa, eum nikah kontrak, aku penasaran deh. Apakah mereka beneran bercerai nantinya?
    karena aku berharapnya, sebelum bercerai mereka sadar perasaannya masing"

    BalasHapus
  2. Yaampun jadi pengen baca, aduh aku kok penasaran ya gimana sabarnya Agam buat ngehadapin Lian, terus aku penasaran kenapa Agam tiba2 mau cerai dari Lian

    BalasHapus