Senin, 02 Maret 2020

Cara Sederhana Mengecek Posisi Bayi Sungsang

Sumber Gambar: Canva

Bumil mana yang tidak waswas kalau sudah masuk trimester ketiga, tapi janin masih sungsang. Sungsang adalah keadaan janin yang terbalik di dalam rahim. Posisi kepala bayi di atas, sedangkan kaki atau pantat berada di bawah jalan lahir.

Jika keadaan ini terus berlanjut, sampai masuk sembilan bulan dan sudah waktunya melahirkan, kemungkinan ibu hamil tidak diperbolehkan untuk melahirkan secara spontan atau normal. Sesuai aturan kesehatan, ibu harus bersalin secara cessar.

Namun, tenang Bunda. Masih banyak yang bisa dilakukan dan diusahakan secara maksimal untuk mengubah posisi bayi sungsang tersebut.

Sebelum mengetahui apa saja yang harus kita usahakan untuk mengatasi bayi sungsang. Kita harus tahu dulu apakah bayi kita di perut ini memang sungsang atau tidak. Kita bisa cek, kalau kita pegang di bagian perut bawah keras, itu berarti kepala bayi. Posisi tersebut sudah benar. Sementara jika empuk, itu berarti pantat bayi yang berada di bawah jalan lahir, itulah yang disebut sungsang.

Untuk lebih jelasnya, minta bantuan petugas kesehatan ya, Bunda. Agar akurat 100%. Boleh ke bidan atau ke dokter spesialis kandungan. Ibu bidan biasanya mengeceknya dengan memegang-megang perut kita secara lebih dalam. Kalau dokter spesialis biasanya langsung mengeceknya dengan USG. Dengan cara ini tentu saja sangat praktis.

Bersambung ke cara mengatasi sungsang ya, Bunda. Di tulisan selanjutnya, insya Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar