Minggu, 08 Maret 2020

Kendala Teknis di Hari Pertama Ujian

Dokumen Pribadi

Hari ini adalah hari pertama kelas XII Mu'allimin PPI 45 Rahayu melaksanakan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN BK). Ujian ini tentu saja bukan hanya di Rahayu saja, tetapi seluruh madrasah di bawah Departemen Agama.

Alhamdulillah, sesi pertama dilalui dengan lancar. Mulai dari pukul 07.30 sampai 09.00 WIB. Namun, tidak dimungkiri ada saja kendala atau hambatan secara teknis yang mau tidak mau dialami peserta ujian.

Kendala tersebut misalnya, perangkat komputer yang tiba-tiba tidak bisa dinyalakan. Namun, karena jumlah komputer lebih dari jumlah peserta, jadi peserta bisa menggunakan perangkat lain. Di sini peran teknisi sangat dibutuhkan sekali.

Di tengah-tengah pengerjaan soal, tetiba listrik mati. Namun, saat dinyalakan keadaan kembali seperti semula. Ada pula kendala kecil lainnya, tadi ada peserta yang tertinggal. Dia sudah mengerjakan semua soal dari nomor 1 sampai 50, tetapi tidak bisa logout. Pada layar komputer peserta belum mengerjakan 1 soal lagi sehingga tidak bisa keluar.

Lagi-lagi teknisi dan proktor yang berperan, ternyata caranya mudah. Hanya mengklik tombol f5, lalu masuk ke soal pertama dan terakhir. Akhirnya bisa logout dan keluar ruangan juga.

Yang perlu diperhatikan, peserta agar tetap tenang dan tidak panik jika mengalami kendala teknis tersebut. Diharapkan juga peserta mengikuti simulasi ujian dengan lengkap, agar lebih berpengalaman dalam mengerjakan soal maupun menghadapi kendala tersebut.

Selain UAMBN  BK yang dilaksanakan selama 3 hari, melipiti pelajaran Quran Hadits, Fiqih, dan SKI, ada pula rangkaian ujian yang lain. Ujian-ujian tersebut antara lain Ujian Madrasah (UM) lalu diselingi Ujian Akhir Pesantren (UAP),  terakhir Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Semangat anak-anak didikku, semoga mendapatkan hasil yang terbaik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar