Kamis, 26 April 2018

Analisis Tokoh dan Penokohan dalam Cerpen

Judul Cerpen: Ruang Sendiri
Penulis: Justin Tukimin Choi
Terbit: Rabu, 25 April 2018 pukul 14.02
Tersedia: www.storial.co.id

Cerpen ini mengisahkan tentang Aku, seorang cowok yang butuh ruang sendiri. Dia benci karena pacarnya terlalu over protective. Si cowok selalu minta nasihat dari sahabatnya, Tukim. Tukim adalah pendengar yang baik sehingga bisa melerai hubungan mereka berdua.

Setidaknya ada tiga tokoh dalam cerita pendek ini antara lain sebagai berikut.

Pertama, Si Aku atau Si Cowok. Dia seorang yang sabar dan selalu mengalah. Terkadang plin-plan. Di cerita Si Cowok bertindak sebagai tokoh protagonis.

Kedua, Si Cewek--pacar Si Cowok. Dia seorang yang over protective, terlalu takut kehilangan pacarnya. Dia juga cengeng, gampang sekali menangis. Dia di cerita sebagai tokoh antagonis yang menimbulkan konflik atau masalah bagi tokoh utama.

Ketiga, Tukim--sahabat Si Cowok. Dia sebagai sahabat yang baik, pendengar yang baik fan bijaksana dalam memberikan nasihat dan solusi untuk hubungan si cowok dan si cewek. Dia selalu jadi penengah di dalam cerita. Dia menjadi tokoh tritagonis.

Catatan:
Tulisan ini merupakan tugas ke-5 Kelas Menulis Online Madrasah Pena dengan Tema Membangun Tokoh dalam Cerpen oleh Dek Tazkia Royyan Hikmatiar

2 komentar:

  1. Mantep yaa, ketiga tokoh pemeran prota-anta-trita-nya muncul di cerpen ini. Semangat terus, Ilmi!

    BalasHapus
  2. Iya teh, makasih suntikan semangatnya😍😘

    BalasHapus