Jumat, 13 April 2018

Mencari Tema dalam Sebuah Cerpen

Judul Cerpen: Pengorbanan Kakek Gio
Penulis: Teny May Rodiah
Terbit: Pikiran Rakyat, 1 April 2018
Tersedia: lakonhidup.com

Cerpen ini berkisah tentang Kakek Gio yang seorang tukang becak. Ia tinggal bersama istri dan anak satu-satunya. Meski serba kekurangan Kakek Gio dan keluarga selalu bersyukur bisa makan dengan lauk seadanya. Sesekali tetangga Kakek Gio berkunjung untuk memberi makanan. 

Makin kekeinian becak semakin sepi hingga seorang mahasiswa kedokteran gigi menawarkan pada Kakek Gio untuk menjual giginya. Hasilnya lumayan untuk kebutuhan sehari-hari. Tak ada cara lain, Kakek Gio terus menjual satu per satu giginya untuk bertahan hidup. Sampai semua gigi tanggal tak ada tinggal. Ibu dan anaknya pun tiada, rumah pun dijualnya untuk hidup. Tinggal becak satu-satunya harta Kakek Gio. Ia bekerja dan tidur di becaknya. 

Dari kisah dalam cerpen itu menceritakan bagaimana perjuangan hidup Kakek Gio yang serba kekurangan. Alih-alih menambah harta benda. Apa yang telah dimiliki pun dilucutinya. 

Maka tema pada cerpen ini adalah Kemiskinan. 


Catatan: tulisan ini dibuat untuk tugas ketiga Kelas Menulis Online Madrasah Pena pada materi "Tema dan Judul itu Sesuatu yang Berbeda" oleh Amelia Ru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar