Sabtu, 21 Maret 2020

Apa Saja yang Harus Dibawa Saat Akan Lahiran?



Sumber gambar: Canva

Pengalaman saya, anak pertama lahir di minggu ke-39 mepet 40. Tepatnya 4 hari sebelum HPL. Sementara anak kedua lebih lama lagi, yaitu pada minggu ke-41, tepat seminggu dari HPL. Itu pun karena dokternya kasian, saya dan suami bolak-balik periksa. Kontraksi ada, tapi pembukaan gak nambah-nambah, ya akhirnya induksi lagi, seperti lahiran pertama.

Kok melebar ya jadi kayak birth story, hihi.. Maafkan tidak fokus.
Intinya, saya jadi agak nyantai mempersiapkan segalanya karena baru masuk 36 weeks. Tapi jujur, deg-degan juga. Siapa tahu lahiran ketiga ini lebih cepat. Jadi gak ada salahnya siap-siap dari sekarang. Ya, harus dong.. Wkwkwwk. Biar tenang, biar jongjon. Kalau kerasa mules atau tanda-tanda melahirkan datang, tinggal jinjing aja.

Apa yang harus disiapkan di setiap provider biasanya berbeda. Kalau tempat lahiran pertama dan kedua saya sih simpel, khususnya untuk bayi, kita tinggal siapkan dua pasang baju ganti bayi saja. Dipakaikan saat dede pulang ke rumah. Kalau untuk di sana, pakai punya rumah bersalinnya. Kalau untuk ibu, biasanya gak jauh berbeda ya setiap provider.

Jadi, Bunda... Tentukan dulu providernya. Rencanakan, dengan pendamping (suami atau orang tua) di mana kita akan melahirkan. Tanyakan langsung atau kepoin akun medsosnya.

Seperti saya, rencana lahiran di Bumi Sehat Bahagia. Kebetulan ada akun instagram dan facebook juga. Kalau kebetulan Bunda juga mau lahiran di sini yuk kita sama-sama siapkan semua keperluan ibu dan bayi seperti berikut ini.

Untuk Bayi
‌baju lengan pendek 6
‌baju lengan panjang 6
‌popok 6
‌pernel 8
‌sarung tangan kaki 3
‌waslap 1
‌selimut 1
‌topi 2
‌minyak telon

Semua keperluan khusus untuk bayi dipisah saja, Bun. Dalam satu tas khusus. Terus, lalau saya, popoknya dua jenis. Popok kain sama diapers. Dan ditambah kaos singlet bayi 6 buah. Ada satu lagi, tidak ada dalam list, yaitu gurita bayi. Memang katanya kekinian gurita sudah tidak dipakai, tapi buat jaga-jaga aja. Saya cuman beli 3 buah, itu pun yang pakai perekat, bukan yang tali-tali.

Di bumi sehat bahagia, tidak perlu membawa peralatan mandi, mungkin sudah disediakan di sana. Kecuali, handuk dan minyak telon ya.

Untuk Ibu
‌sarung 3
‌samping 3
‌baju ganti 2
‌pembalut
‌handuk
‌alat mandi

Saya sudah siapkan juga keperluan untuk ibunya. Sama ya, masukkan ke satu tas khusus ibu. Saya tambahkan juga korset. Itu baju ganti maksudnya 2 stel ya, termasuk daleman juga. Jangan lupa! Kalau saya tambah 1 stel untuk pulang dari rumah bersalin.

Makanan
‌kurma
‌sari kurma
‌madu
‌cokelat

Ini yang cukup unik selain pakaian ibu dan bayi, makanan juga perlu disiapkan ya, Bun. Untuk menambah stamina bulin nanti saat proses lahiran. Makanan ini memang tepat sekali. Disebutnya nutrisi sunnah.
Kalau pas lahiran kedua, saya beli dadakan sambil ngerasain mules belanja makanan buat bekel. Kue, roti, minuman, dll. Seabrek-abrek. Hihi.. Pas waktunya boro-boro mau makan. Semua jadi gak enak. Makanya list makanan dari Bumi Sehat Bahagia tepat sekali.
Selamat mempersiapkan persalinan yang terindah, Bunda, moms....

Sumber: 
1. Akun IG Bumi Sehat Bahagia
2. Pengalaman pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar