Minggu, 15 Maret 2020

Dampak Virus Corona (COVID 19) pada Dunia Pendidikan


by Canva


Dunia digemparkan dengan sebuah virus yang bernama Corona. Awalnya virus ini hanya menyerbar di Kota Wuhan Cina. Ribuan orang terindikasi terkena virus yang katanya mematikan ini. Beberapa bulan kota yang ramai itu menjadi kota mati.

Warga negara Indonesia yang tinggal di sana dievakuasi. Dijemput dan diobservasi sampai dinyatakan bebas dari virus yang kini populer itu. Tak lama dari kota asalnya beberapa negara diberitakan beberapa warganya positif terinfeksi virus COVID 19 ini. Seperti, Korea, Australia, Malaysia, dll.

Kini virus ini merambah ke Indonesia. Beberapa orang diindikasi terinfeksi virus ini, termasuk Menteri Perhubungan kita. Beberapa kota dinyatakan waspada dan harus melakukan tindakan lock down, termasuk Bandung dan sekitarnya.

Diawali oleh Gubernur DKI Jakarta yang menutup semua tempat wisata dan tempat umum, termasuk meliburkan sekolah-sekolah untuk mencegah penyebaran virus agar tidak meluas. Beberapa walikota dan gubernur di kota lain pun ikut mewaspadai virus ini.

Pun gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil alias Kang Emil melakukan tindakan yang sama. Diikuti para bupati, dan intruksi kepala sekolah di setiap jenjang pendidikan.

Pimpinan Pusat Persatuan Islam pun mengambil tindakan yang cepat dalam menanggapi masalah urgen ini. Tak lama beberapa saat setelah intruksi meliburkan sekolah-sekolah dari pemerintah setempat, lembaga pendidikan PP Persis pun mengintruksikan sekolah untuk libur selama dua pekan.

Serentak, Grup WA asatidz Mu'allimin mengumumkan pengunduran UM dan UNBK, jelas Kelas X dan XI memang direncanakan libur apalagi setelah intruksi ini. Mudir Madarasah Ibtidaiyah dan Diniyah pun mengumumkan libur di grup orang tua santri mulai besok. Pun mudiroh RA Al-hasanah resmi meliburkan kegiatan belajar mengajar sementara sampai akhir Maret ini.

Waktu ini disinyalir sebagai puncak penyebaran virus berbahaya ini. Semoga Allah melindungi kita semua. Tetap ikhtiar menjaga kesehatan dan kebersihan, serta bertawakal pada Allah. Virus ini pun adalah makhluk Allah maka Allah mudah saja untuk memusnahkan virus ini.

Subhanallah... Ya Allah kami mohon jaga dan lindungi kami dari wabah dan segala penyakit yang ditimbulkannya. Semoga makhlukmu itu segera enyah dari kehidupan kami. Ampuni kami, astaghfirullahaladziim... atas kesombongan dan dosa-dosa yang membuat Engkau murka, ya Allah. Selamatkan kami.. Aamiin.. Allahumma aamiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar