Kamis, 06 Februari 2020

Menuntut Ilmu Sepanjang Hayat


Gambar di atas adalah dokumentasi PD Pemudi Persis Kabupaten Bandung pada pagi tadi, Jumat 7 Februari 2020 pada acara Taujihatul Mubalighot (TM) Pemudi Persis. Di sana berjejer-jejer para peserta TM dan salah satu asatidz, yaitu Ust. Koswara.

Peserta terdiri dari 30 peserta dari Pimpinan Cabang (PC) Pemudi Persis Margaasih dan 10 dari PC Kutawaringin. Dari PC berbeda, latar belakang pendidikan yang berbeda kami menjadi satu. Satu semangat dalam tholabul ilmi karena menuntut ilmu itu kewajiban setiap muslim. Serta tanpa mengenal usia, karena mencari ilmu itu sepanjang hayat. Di mana pun dan kapan pun.

Beruntung sekali kami diberikan  kesempatan emas untuk menimba ilmu di TM ini. Anak-anak yang membersamai kami tidak mengurangi semangat kami. Semoga mereka menjadi saksi perjuangan kami dalam menuntut ilmu. Sehingga kelak mereka bisa lebih semangat dari kami, emaknya.


Foto tersebut diambil untuk laporan dan kenang-kenangan karena hari ini adalah hari terakhir pertemuan dengan Al Ustaz. Selama 3 pertemuan dengan masing-masing 2 jam pelajaran. Pelajaran yang diampuh beliau adalah Kejam'iyyahan dan Fiqih Thoharoh.

Kejam'iyyahan membahas urgensinya kita berjamaah, terutama di Jam'iyyah Persatuan Islam. Sejarah beserta dalil-dalil yang berkenaan dengan hidup berjamaah. Sementara dalam Fiqih Thoharoh, membahas materi paling penting dan dekat dengan perempuan, yaitu tentang Haid, Istihadhoh, nifas. Terutama mengenai ciri-ciri, hukum yang berkaitan dengan  hal-hal tersebut, serta cara menyucikannya. Tentu saja berdasarkan dalil-dalil yang menguatkannya, di antaranya dari Alquran, Bulughul Maram, Ibadatul Ahkam, Nailul Author, dan kitab lain yang sudah Ustaz rangkum dalam sebuah modul atau makalah.

Penjelasan beliau sangat mudah dipahami, dengan sesekali bercanda untuk membuat suasana cair. Memang enjoy sekali belajar dengan beliau. Dengan bahasa Sundanya yang khas. Jazakumullahu khoiron katsiro, Ustaz. Semoga dicatat sebagai amal saleh. Kami pun bisa mengamalkannya kembali. Aamiin.. Allahumma aamiin.

Semangat evaluasi 🤭 semoga dimudahkan.

1 komentar: