Kamis, 23 Januari 2020

Asma Penyakit Keturunan?



Gambar: design by Canva

Saya terbangun mendengar suara "Ngiik ... ngiik ..."
Saya cek anak satu-satu. Aqilla? Ternyata bukan. Saya curiga memang samanya dua hari kemarin kambuh. Soalnya obat batuk plus sesaknya belum saya kasih karena tadi sebelum tidur memang tidak sesak.
Eh ternyata yang sesak kakaknya--Fatiya.

"Teteh, sesak?"
"Enggak."

Tepatnya tidak mengerti apa itu sesak atau tidak. Memang, sebenarnya yang asmanya parah itu Fatiya. Sampai gak ngeuh kalau lagi sesak. Sudah kuat saja. Mungkin sudah terbiasa.

Saya tanya sekali lagi, barulah mengaku. Entah takut minum obat. Hehe..

Syukurlah, saat Aqilla berobat, sekalian saya tanyakan ke dokter dosis obat untuk  Fatiya. Cuaca memang sedang tidak bersahabat maka yang menderita asma bisa saja kambuh. Ya, karena asma bersifat alergis. Setelah minum obat, alhamdulillah Fatiya bisa tidur lagi.

Berbicara soal asma. Kedua putri saya menderita penyakit ini. Mudah-mudahan adik yang masih dalam perut tidak ya sayang. Aamiin.

Anak yang pertama--Fatiya terjangkit saat masih bayi. Sekitar masuk usia tiga bulan. Ya Allah, kasian sekali masih bayi. Kalau udah sesak gak tega. Diperiksa dan positif asma.

Anak kedua--Aqilla sudah agak besar. Sekitar usia todler (2 tahunan). Alhamdulillah, tidak terlalu parah dibanding kakaknya. Saya cek ke dokter, ternyata sama asma juga.

Saat periksa pasti dokter tanya, "Siapa yang asma di rumah? Kamu?"
"Enggak Dok!"
"Suami?!"
"Enggak juga."
"Nenek atau kakeknya?"

Saya celingukan, main mata dengan suami sambil berpikir-pikir. Oh iya barulah ingat.

"Neneknya ... iya, Dok. Mamah juga asma."
Saya baru ingat kalau mama mertua memang punya asma.

"Ketiga anak saya asma semua, padahal aaya enggak punya asma ...." kata dokter, sambil berjalan menuju tempat duduknya hendak menulis resep obat, "Tapi ibu saya punya asma."

Begitulah asma, bisa jadi memang genetik. Istilah awamnya penyakit keturunan.
Namun, alhamdulillah anak-anaknya tidak pernah dibantu uap saat kambuh. Mudah-mudahan tidak mengalami diuap. Kasihan. Semoga asma anak-anak bisa sembuh total.
Katanya, kalau dari kecil terkena asma. Biasanya saat besar sembuh dan tidak kambuh lagi. Semoga saja.
Wallahu a'laam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar