Minggu, 19 Januari 2020

Eliana: Pembela Kebenaran dan Keadilan yang Paling Berani



Judul: Si Anak Pemberani
Penulis: Tere Liye
Jumlah halaman: 483 hal.

Novel ini seri ke-4 dari serial Keluarga Nusantara. Kisah Eliana anak sulung di keluarga Syahdan dan Nurmas. Di sini diceritakan sisi lain Eliana yang tidak dikisahkan di novel-novel sebelumnya.
Beragam konflik muncul di antaranya: pertengkaran dengan adik-adiknya; pertengkaran dengan teman-teman sekolah; hingga pertengkaran dengan Mamaknya.

Petualangan yang tak kalah seru juga hadir di sini. Petualangan geng "Empat Buntal" yaitu Eliana, Hima, Damdas, dan Marhotap. Di akhir cerita Anton bergabung sekaligus menggantikan Marhotap yang hilang mengenaskan. Petualangan mereka tak hanya setu, tapi juga menegangkan dan mengharukan.

Di serial ini makin ditegaskan bahwa kita harus mencintai lingkungan, harta kekayaan nusantara: Hutan, ladang, sungai, dll. yang menjadi penghidupan mereka. Sangat mengecam bentuk perusakan-perusakan oleh orang-orang serakah dan tidak bertanggung jawab.
Ada kutipan menarik sekali, dari Paman Unus (kembali memakai panggilan ini)

"Ada suatu masa di antara masa-masa. Ada suatu musim di antara musim-musim. Saat ketika hutan, sungai, lembah, membalas sendiri para perusaknya..."

Jika kita memperlakukan alam dengan baik maka alam akan mencurahlimpahkan beragam manfaatnya bagi manusia. Sebaliknya, jika kita berbuat tidak baik (malah merusaknya) maka dengan izin Allah alam akan berubah menjadi bencana maha dahsyat bagi manusia.

Di serial ini juga ditegaskan kembali kasih sayang seorang ibu, seperti pengulangan di setiap serialnya.

"Jika kau tahu sedikit saja apa yang telah seorang ibu lakukan untukmu, maka yang kau tahu itu sejatinya bahkan belum sepersepuluh dari pengorbanan, rasa cinta, serta kasih sayangnya kepada kalian."

Intinya, setiap ibu pasti sayang pada semua anak-anaknya mulai dari anak sulung sampai anak bungsu. Mungkin caranya saja berbeda. Anak sulung diharapkan menjadi teladan bagi adik-adiknya. Harapan pertama orang tua.

Selanjutnya, yang selalu sama dengan serial sebelumnya adalah di akhir cerita tokoh utama sukses dan bermanfaat bagi keluarga dan kampung halaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar